Tim IBM Bangun Penyimpan Data dengan 12 Atom

Posted by ReTRo on Sunday, January 15, 2012

Memori magnetik terkecil menggunakan hanya 12 atom. Antiferromagnetism menuju perangkat miniaturisasi dan efesiensi penyimpan data.

Semakin banyak peneliti bicara tentang bagaimana lebih banyak manfaat dengan bahan lebih sedikit. Bit data magnetis yang biasanya dilakukan oleh jutaan atom, sekarang hanya menggunakan satu lusin atom.

Hard drive hari ini menggunakan elektromagnet untuk menyelaraskan spin atom dalam sebuah film logam yang berputar di bawahnya.

Ketika berputar, satu juta atom selaras dalam arah yang sama, medan magnet kolektif dideteksi oleh elektromagnet berikutnya.

Ini berarti sejuta dalam bit data 1 atau 0 dalam kode biner.

Sayangnya, medan magnet kolektif juga mempengaruhi bit yang berdekatan, membatasi seberapa kecil dekat dapat dikemas.

Sekarang Andreas Heinrich dari IBM Research Almaden di San Jose, California, dan rekan membuat bit magnetik terkecil dan dikemas lebih erat dibanding bit hari ini yang jauh lebih besar. Caranya dengan membuat atom yang berdekatan berputar di arah yang berlawanan. Keselarasan ini disebut antiferromagnetism, tidak menghasilkan medan magnet eksternal.

Menggunakan scanning tunneling microscope, tim dapat menyandikan bit data hanya dalam 12 atom besi yang disimpan pada suhu beberapa derajat di atas nol mutlak. Sejumlah kecil atom sangat tidak stabil bertindak sebagai bit tanpa tetangga untuk berinteraksi saling menstabilkan. Atom berperilaku seperti objek kuantum dalam multi spin sekaligus.

Tim kemudian menempatkan 8 dari bit 12-atom. Karena tidak ada medan magnet menyimpang dari masing-masing cluster 12 atom, bit dapat ditempatkan bersama-sama sangat erat, menciptakan 100 kali byte padat seperti yang digunakan dalam hard drive saat ini.

"Anda bisa mengemas sepadat seperti yang Anda inginkan," kata Heinrich.

Temuan semakin menguatkan jumlah atom fisika klasik mengambil alih dari mekanika kuantum pada suhu mendekati nol mutlak. Pada suhu kamar, atom lebih sulit dikontrol. Tapi suatu hari nanti antiferromagnet membentuk dasar perangkat miniatur yang dapat menyimpan data jauh lebih efisien dibanding hard drive saat ini.


Andreas Heinrich http://domino.research.ibm.com/comm/research_people.nsf/pages/heinrich.index.html

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment